Pengertian dari Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
Arsitektur & Organisasi Komputer juga memiliki perbedaan yaitu:
Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Struktur dan Fungsi Utama Komputer
-Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.-Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi.
Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer. Perhatikan gambar 1.2, terdapat empat struktur utama:
- Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
- Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
- System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.
Komponen yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat pada gambar 1.2, dengan struktur utamanya adalah :
- Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan.
- Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
- Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.
- CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU
Fungsi Komputer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana seperti terlihat pada gambar 1.3. Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
- Fungsi Operasi Pengolahan Data
- Fungsi Operasi Penyimpanan Data
- Fungsi Operasi Pemindahan Data
- Fungsi Operasi Kontrol
Generasi komputer
1. Komputer Generasi Pertama
Komputer ini memiliki karakteristik bahwa setiap komputer memiliki kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram. Pada masa ini komputer berawal dari tube vakum yang membuat komputer berukuran sangat besar.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse seorang insinyur Jerman membangun komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Komputer Z3
Pada tahun 1943, pihak sekutu Inggris membuat komputer Colossus yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman.
Komputer Colossus
Kemajuan lain dicapai oleh Amerika Serikat. Howard H. Aiken, seorang insinyur Harvard University yang bekerja di IBM berhasil membuat kalkulator elektronik untuk US Navy yaitu The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika dasar. Mesin ini beroperasi sangat lambat, membutuhkan waktu 3-5 detik untuk melakukan satu kali perhitungan.
Komputer Mark 1
Perkembangan lain pada masa komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania terdiri dari 18.000 tube vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik soldier. ENIAC berukuran sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer Eniac
Pada tahun 1940 John von Neumann bergabung dengan University of Pennsylvania. Dan pada tahun 1945 John von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang digunakan untuk menampung program dan data. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi mengkoordinasi seluruh komponen ke satu sumber.
Komputer Edvac
Pada tahun 1951, Ramington Rand mendesain UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1) dan menjadi komputer komersial pertama yang menggunakan arsitektur Von Neumann.
Komputer Univac
Transistor memang dapat mengungguli Tube Vakum dalam berbagai hal. Namun transistor dapat menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen-komponen komputer. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit). Komputer dengan IC (Integrated Circuit) menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam satu chip. Panas yang dihasilkan juga tidak besar seperti transistor. Dapat disimpulkan bahwa IC dapat menggantikan transistor.
2. Komputer Generasi Kedua
Memiliki ciri menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Ciri lain adalah penemuan transistor yang menggantikan tube vakum.
Bahasa Assembly
Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat mempengaruhi komputer. Transistor dapat menggantikan tube vakum yang ada di tv, radio, dan komputer.
Transistor
Penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu perkembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih cepat diandalkan dan lebih hemat energi dari pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch. Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom.
IBM Stretch
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan saat itu. Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, system analyst, dan ahli komputer). Industri perangkat lunak komputer juga banyak bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua.
3. Komputer Generasi Ketiga
Pada masa sebelumnya transistor memang dapat mengungguli Tube Vakum dalam berbagai hal. Namun transistor dapat menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen-komponen komputer. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit). Komputer dengan IC (Integrated Circuit) menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam satu chip. Panas yang dihasilkan juga tidak besar seperti transistor. Dapat disimpulkan bahwa IC dapat menggantikan transistor.
Integrated Circuit
Perkembangan lain di generasi ketiga ini adalah penggunaan Sistem Operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
DOS Operating System
4. Komputer Generasi Keempat
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Intel 4004
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Atari 2600
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC
5. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
HAL 9000
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia secara otomatis dan atas kemauan mesin itu sendiri.
daftar pustaka